Meningkatkan Kualitas Diri di Bulan Suci


Foto:Ilustrasi

JURNALPOS- Umat Muslim di seluruh dunia pada setiap tahunnya bertemu dengan bulan suci yaitu bulan Ramadhan. Yang mana dalam bulan Ramadhan dilaksanakan ibadah Puasa yang merupakan rukun Islam ketiga. 

Namun, ibadah tahunan ini belum sepenuhnya memberi dampak positif dalam peningkatan kualitas diri umat muslim. Untuk itu, perlu adanya solusi untuk menigkatkan kualitas diri di bulan suci ini.

Puasa Ramadhan merupakan salah satu bentuk ritual keagamaan umat muslim. Dengan jumlah hari dan cara yang berbeda, Allah juga telah mewajibkan ibadah puasa ini sebagai salah satu ibadah pokok kepada umat-umat terdahulu sebelum umat Nabi Muhammad.

Ibadah puasa di bulan Ramadhan yang dilakukan umat muslim saat ini, masih sebatas ibadah rutinitas formal, belum menjadi ibadah yang benar-benar kontekstual. Maka dari itu, untuk membuahkan hasil yang optimal untuk meningkatkan kualitas diri perlu dilakukannya perubahan sikap, karakter, dan kepribadian yang biasa-biasa saja menjadi manusia yang bertakwa meliputi hati, pikiran dan perbuatannya.

Idealnya umat muslim yang berpuasa itu harus melakukan introspeksi terhadap pelaksanaan ibadah Ramadhan tahun lalu.

Kekurangan dan keunggulan ibadah puasa tahun lalu sebelumnya dianalisis, kemudian apa yang menjadi kekurangan itu perbaiki lagi di bulan puasa saat ini dan apa yang menjadi keunggulan itu lebih ditingkatkan lagi.

Kita sebagai umat muslim bisa melakukan beberapa cara untuk meningkatkan kualitas diri di bulan suci ini, peningkatan ibadah dengan senantiasa tanamkan dalam hati bahwa diri ini penuh diliputi dengan dosa, entah dosa kecil maupun dosa besar.

Bila kita mempunyai pandangan seperti itu, maka bisa menjadikan diri ini semakin butuh ampunan dan akan meningkatkan ibadah kita sebagai umat muslim.

Jangan menganggap ibadah yang kecil-kecil itu remeh. Tapi kita harus belajar ilmu agama lebih banyak lagi. 
Semakin tahu tentang kedalaman makna ibadah maka semakin giat pula kita dalam meningkatkan ibadah. 

Kemudian sering-seringlah bertadabur untuk mencari ilham dari Allah dengan menundukkan hati kita agar semakin tahu diri bahwa betapa rendahnya diri ini.


Repoter : Wulan Apriani

Redaktur : Zaira Farah Diba
Share on Google Plus

About medialektikajurnal

Jurnalposmedia adalah media kampus UIN Bandung yang dikelola oleh Mahasiswa Jurnalistik.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment