Fordem : Berhentikan Dosen yang Lalai dan Melanggar Hukum!


Sekumpulan Mahasiswa yang tergabung dalam Forum Demokrasi Mahasiswa (Fordem) melakukan Aksi dengan tuntutan terhadap dosen. Aksi berlangsung berkeliling dengan start Dibawah Pohon Rindang (DPR) dan berakhir di Gedung Rektorat, Rabu (19/10/2016).(Jurnalpos/Monica Deasyderia)

Jurnalposmedia.com —Forum Demokrasi Mahasiswa (Fordem) gelar aksi dengan tuntutan terhadap dosen yang dianggap telah melakukan pelanggaran yang tercantum dalam UU No.14 Tahun 2005. Aksi tersebut berlangsung dari fakultas ke fakultas dan berakhir di Gedung Rektorat UIN Bandung, Rabu (19/10/2016).

Ketua Komisariat Fordem, Agus Taufik Habibi mengatakan alasan diadakannya aksi ini karena adanya bentuk diskriminasi dosen terhadap mahasiswa. Menurut Habibi mahasiwa yang berdemontrasi untuk mengaspirasikan gagasannya itu di blacklist secara penilaian.  “Bahkan sampai dosennya turun tangan untuk mengintimidasi sehingga orang-orang ini merasa bersalah dengan adanya tekanan psikis dari dosen,” tutur Habibi.

Hal tersebut dianggap diskriminasi karena setiap individu memiliki kebebasan dalam berpikir dan berpendapat yang dilindungi oleh UUD 1945 pada pasal 28 E. selain diskriminasi, dosen juga dianggap melakukan eksploitasi terhadap mahasiswanya dalam bentuk paksaan pembelian diktat.

“Padahal dosen secara perseorangan atau kelompok wajib menulis buku ajar yang diterbitkan oleh Perguruan Tinggi atau publikasi ilmiah sebagai salah satu sumber belajar. Nah ketika Perguruan Tinggi memfasilitasi untuk penerbitan diktat kuliah mengapa harus memaksa mahasiswa untuk membeli?” tegas Habibi.

Habibi berharap dengan diadakannya aksi ini rektor beserta kebinetnya segera menindaklanjuti secara tegas mengenai kasus ini. “Terkhusus kepada rektor dan jajaran warek-warek beserta birokrasi yang ada untuk menindaklanjuti perihal aksi ini, untuk mendengarkan dan merespon apa yang menjadi aspirasi aggasan mahasiswa meskipun diwakili oleh segilintiran mahasiswa hari ini.” Tutup Habibi.

Reporter : Monica Deasyderia

Redaktur : Zaira Farah Diba

Share on Google Plus

About medialektikajurnal

Jurnalposmedia adalah media kampus UIN Bandung yang dikelola oleh Mahasiswa Jurnalistik.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment