Festival Indonesia Menggugat

Mahasiswa perwakilan dari Jakarta, Ari Lamonjong (Kiri) saat memaparkan materi diskusi mengenai "Peran Mahasiswa dalam Gerakan Sosial dan Kebangsaan" dalam rangkaian acara Festival Indonesia  Menggugat di Gedung Indonesia Menggugat, Jalan Perintis Kemerdekaan No. 5, Kota Bandung, Jumat (20/5/2016). Selain diskusi Festival yang bertemakan “Soekarno dan Historiografi Indonesia" ini , menggelar pameran foto dan buku-buku hasil karya soekarno yang berlangsung hingga 22 Mei mendatang. (Jurnalpos/Syawal FD)  



JURNALPOS – Festival Indonesia Menggugat (FIM) adalah kegiatan tahunan yang digelar untuk memperingati berbagai hari besar nasional setiap bulannya. Festival Indonesia Menggugat tahun ini dibuka pada 20 Mei 2016 bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional di Gedung Indonesia Menggugat (GIM).

Koordniator dari Gedung Indonesia Menggugat (GIM), Nunun Nurhayati, mengatakan alasan pemerintah bisa memberikan gedung ini bebas begitu saja. “Agar generasi muda di Hari Kebangkitan Nasional kita bisa tumbuh menjadi generasi pendukung dari Indonesia Raya, Indonesia Jaya, Merdeka!” ujar Nunun semangat.

Di sela-sela sambutannya Koordinator acara Indonesia Menggugat, Zulfi Saeful menjelaskan tujuan diadakannya FIM (Festival Indonesia Merdeka) untuk mensosialisakan bahwa Gedung Indonesia Merdeka terbuka luas untuk publik dari berbagai elemen masyarakat yang ingin menampilkan karya mereka.

“Disini juga terdapat pameran karikatur Soekarno, ilustrasi Soekarno, serta buku-buku yang mengisahkan kehidupan Soekarno,” lanjut Zulfi. 

Kegiatan pembukaan yang dilaksanakan pada 20 Mei 2016 hingga 22 Mei 2016 mendatang, mengusung tema Soekarno dan Historiografi Indonesia. Acara ini juga dimeriahkan dengan penampilan dari Mapah Layung, Oskar Lolang, Stuba dan Daun Djati. 

Di penghujung sambutannya, Wakil Ketua Ekstrenal Komnas Hak Asasi Manusia (HAM), Dianto Bachriadi,  memberikan motivasi untuk para generasi muda. “Kita akan memulai suatu festival yang akan menempati kota Bandung sebagai kota pejuang maka dari itu kita harus bisa menyelematkan festival Indonesia Menggugat. Jika ingin membuat Bandung ini juara dan hebat maka Festival Indonesia Menggugat ini harus terus berlanjut hingga akhir,” Tegasnya.

Reporter : Rindy Gita Dewanti
Redaktur : Zaira Farah Diba
Share on Google Plus

About medialektikajurnal

Jurnalposmedia adalah media kampus UIN Bandung yang dikelola oleh Mahasiswa Jurnalistik.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment