Prospek Bisnis Media Cetak





Hawe Setiawan (kiri) Pitoyo (tengah) dan Subagyo Budi Prayitno (kanan) memaparkan diskusi yang bertemakan “Kematian Media Cetak”, di Aula Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Bandung, Selasa (17/05/2016). (Jurnalpos/Dini Fitrianti)


JURNALPOS-Civitas akademika Fakultas Dakwah dan Komunikasi menggelar diskusi terbuka dengan mengusung tema "Kematian Media Cetak" di Aula Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Bandung, Selasa (17/05/2016). Diskusi ini dihadiri oleh dua pemateri, yakni Pitoyo yang merupakan Pemimpin Perusahaan Tribun Jabar dan Hawe Setiawan seorang Budayawan.

Pitoyo memaparkan tentang prospek bisnis media cetak. Pada era digital, media pun menggunakan teknologi digital atau disebut sebagai era media online, dan dituding sebagai awal redupnya bisnis koran. Pitoyo menambahkan, kebanyakan koran yang tidak kuat terbit atau bangkrut karena tidak mendapat dukungan dari masyarakat atau khalayak, pengadaan bahan baku, termasuk para jurnalis atau wartawannya, serta pemasaran koran kian sulit, ditambah persaingan antar media sudah begitu tajam.

“Kita menganalisis berdasarkan animo masyarakat bahwa ternyata iklan tidak selalu menjadi pintu masuk keuangan, karena yang mengkonsumsi akhirnya juga masyarakat sendiri,” kata Pitoyo.
Menurut Pitoyo ada pula media yang memilih khalayak demi kepentingan iklan, bagi media cetak iklan bukan satu-satunya pendapatan untuk meraih keuntungan.

“Peran utama media terletak pada penyampaian pesan-pesan tertentu yang akan mempengaruhi perilaku konsumen. Namun yang terjadi saat ini iklan begitu penting karena iklan dapat membantu biaya produksi setiap media,”jelasnya, Selasa(17/05/2016).

Dilansir dari Netizen Consumer And Media View pada Agustus 2015 lalu, penyumbang iklan terbesar dari Clove Cigarattes dan Government, Politic Organization. “Ketika media berhasil melampaui laba dan laba yang diperolehnya sangatlah besar, maka disitulah media berlomba-lomba menjangkau pasar demi meraih laba. Berdasarkan hasil riset,”tutupnya pada diskusi terbuka “Kematian Media Cetak”.



Reporter : Dini Fitrianti


Redaktur : Zaira Farah Diba
Share on Google Plus

About medialektikajurnal

Jurnalposmedia adalah media kampus UIN Bandung yang dikelola oleh Mahasiswa Jurnalistik.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment