Foto: Ilustrasi |
JURNALPOS - Sebelum kita mengulas perubahan dalam logo instagram
lebih baik kita mengetahui terlebih
dahulu arti dari instragram, instagram berasal dari kata instan dan gram, instan berarti cepat sesuai lambang instagram
yang menggambarkan kamera polaroid dan kegunaan polaroidpun sangat instan.
Instagram juga dapat menampilkan foto-foto secara instan dan kata gram berasal
dari kata telegram, telegram berfungsi untuk menyampaikan pesan atau informasi
kepada orang lain dengan cepat pada massanya,sama halnya dengan fungsi
instagram meyampaikan pesan melalu foto atau video dengan akses yang mudah dan
cepat.
Logo
dalam sebuah aplikasi melambangkan kegunaannya maka dari itu sangatlah penting
untuk sebuah aplikasi menggunakan logo semenarik mungkin.setidaknya dengan
melihat logo kita sedikit mengetahui maksud dari kegunaannya.
Logo
instagram pada awal berdirinya mempunyai ciri yang sangat has yakni menyerupai
kamera polaroid lengkap dengan lensa dan viewfindernya.dengan tampilan yang lebih
bermain dengan warna.
Namun
instagram tiba-tiba melakukan perubahan bukan dari fiturnya namun dari logonya
yang ikonik itu aplikasi ini meninggalkan logo
bergambar kamera dengan nuansa Polaroid
dengan kamera berwarna campuran ungu, jingga, dan pink yang memberikan
efek pelangi.
Kepala Bagian Design Instagram, Ian Spalter mengungkapkan bahwa perubahan dalam logo
instagram dimaksudkan supaya aplikasinya tampil lebih modern dan relevan di era
ini karna kebanyakan orang sekarang mengabadikan moment dengan menggunakan smartphone.
Maka
logo dalam instagram di sederhanakan, elemen di bagian pojok atas tak lagi
berupa jendela bidik kamera melainkan hanya titik kecil berwarna putih
Dipadukan dengan lingkaran lensa, titik putih dan lingkaran di tengah ini mengingatkan
pada kamera dan sensor cahaya di smartphone modern, ketimbang lensa
dan viewfinder Polaroid
jadul.
Dengan begitu, logo baru Instagram seolah melambangkan peralihan proses fotografi dari era kamera di masa terdahulu ke era smartphone.
Sebuah perubahan yang besar akan menimbulkan pro dan kontra dalam masyarakat apalagi instagram adalah sebuah aplikasi yang setiap detiknya diklik dalam smartphone dan sampai saat ini penggunanya mencapai 400 juta lebih di seluruh dunia.
Memang yang berubah hanya sebuah logo namun
tetap saja akan menimbulkan kontrovesi bila sebuah perubahan ada yang merasa
tidak puas, banyak
masyarakat yang mengkritik tentang perubahan tersebut di media sosial maupun
mulut antar mulut tapi kenyataannya mereka masih menggunakan aplikasi tersebut
mesikpun dalam tampilannya sudah berubah.
Namun
ada baiknya jika kita hanya berfikir postif karna kita hanya seorang penikmat
dan pengguna saja kita tak tau proses dalam perubahan itu seperti apa.
Reporter : Loisari Khoerunisa
Redaktur : Zaira Farah Diba
0 comments:
Post a Comment