Inilah Tujuh Pantai Cantik di Sumbar



JURNALPOS - Hai Kolega Jurnal! Lebaran telah usai, tapi masa liburan masih dinikmati. Apalagi bagi kamu yang menikmati momen mudik bersama keluarga. Bagi kalian yang masih menikmati liburan terutama di pulau Sumatera, tepatnya Sumatera Barat, kali ini Jurnalposmedia akan berbagi lokasi wisata pantai yang menarik dan wajib dikunjungi. Berikut ulasan 7 pantai cantik nan memikat di Sumatera Barat.

1. Pantai Pariaman




Pantai Pariaman terletak tidak jauh dari Kota Pariaman. Pantai ini memiliki pasir putih dan landau serta ombak yang tidak besar sehingga cocok untuk bermain dan berenang. Tak hanya itu, sepanjang pantai ditumbuhi pohon cemara sehingga memberi suasana nan sejuk dan asri. Pantai ini terkenal dan selalu ramai terutama pada waktu perayaan rakyat tabuik. Masyarakat yang berlibur ke pantai ini juga dapat menikmati sunset di mana warna dan awannya begitu memberi pemandangan yang indah.

2.  Pantai Air Manis



Pantai air manis ini merupakan tempat wisata favorit bagi wisatawan, baik lokal ataupun asing. Pantai ini memiliki gelombang yan rendah dan pemandangan indah gunung Padang, juga terdapat sebuah pulau kecil bernama Pisang Kecil. Dari pagi hingga sore pengunjung bisa berjalan kaki ke pulau yang memiliki luas satu hektar ini melalui air dangkal. Di sore hari, air pasang mulai naik dan pengunjung bisa kembali ke tepi pantai dengan menggunakan perahu. Di sebelah kanan pantai terdapat pulau lain yaitu Pisang Besar.

3.Pantai Pasumpahan


      Pantai Pasumpahan ini terletak di Pulan Pasumpahan yang berada di Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang. Pulau ini terletak dekat dengan Kota Padang, jika berada di Kota Padang kita hanya menaiki Speedboat untuk sampai ke Pantai ini dari Teluk Bungus. Dengan keindahan lautnya pulau ini mulai dikenal oleh wisatawan internasional.  Pulau Pasumpahan atau Pantai Pasumpahan berada di sekitar 200 meter dari Pulai Sikuai. Pulau ini memiliki objek wisata pantai pasir putih dengan terumbu karang yang masih terjaga.

           4. Pantai Pagang 


Tak berbeda jauh dengan pantai sebelumnya, Pantai Pagang juga menyajikan hamparan pasir di sepanjang pantai Pagang yang disertai deburan ombak menjadi daya utama pantai ini. Sebuah pantai mungil yang melayang di lepas pantai, menjadi tambahan pemandangan yang bernilai. Bentangan pantai yang landainya yang dialasi miliaran butir pasir putih, suasananya yang hening memang daya tarik unggulan dari pulau ini. Dari tempat ini juga, para wisatawan akan merasakan kedamaian alam dengan menyaksikan panorama alam sekitaran pantai.

5.Pantai Pemutusan


 Pantai Pemutusan berada di Pulau Pemutusan nantinya akan menjadi daerah tujuan wisata unggulan di Provinsi Sumatera Barat. Pulau ini terletak di sebelah barat. Untuk menuju pulau ini memakan waktu 60 menit dari Pulau Pisang dengan mesin 45 PK. Potensi wisata bawah laut di kawasan wisata bahari pantai barat kota Padang adalah kawasan ekosistem terumbu karang yang terdapat hampir disetiap pulau, diantaranya Pulau Gosong.

6.  Pantai Nirwana

Pantai Nirwana berada sekitar 14 km dari pusat kota menuju ke arah Pesisir Selatan dekat dengan pelabuhan Teluk Bayur. Di sini pengunjung dapat menikmati alam dengan pemandangan laut lepas dengan pasir putihnya yang halus.

7. Pantai Caroline

       Pantai Caroline atau Pantai Carolina dikenal sebagai Pantai Bungus merupakan sebuah pantai yang sunyi dengan pasir halus berwarna cokelat dan dikelilingi oleh pohon kelapa. Kebanyakan warga sekitar datang ke Pantai pada waktu sore hari atau saat akhir pekan sambil membawa makanan dan tikar. Biasanya di pantai ini dimanfaatkan pengunjung untuk menikmati waktu bersama keluarga menikmati pemandangan alam yang asri. 



Reporter : Restia Aidilla Joneva

Redaktur : Zaira Farah Diba

Share on Google Plus

About medialektikajurnal

Jurnalposmedia adalah media kampus UIN Bandung yang dikelola oleh Mahasiswa Jurnalistik.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment